menu

Under Creative Commons License: igstng2016

Selasa, 10 Mei 2022

Nasi Jinggo (Menu Favorit)

Hasil gambar untuk nasi jinggo
Nasi jenggo (atau nasi jinggo) adalah makanan siap saji khas Bali yang dikemasan daun pisang dengan porsi kecil. Sebelum krismon tahun 1997, nasi jenggo dijual per porsi seharga Rp 1500,- (dalam bahasa Hokkien, jeng go memiliki arti "seribu lima ratus"). Karena porsi nasi jenggo sangat sedikit, pembeli biasanya membeli nasi jinggo sebanyak beberapa bungkus agar dapat kenyang. Kini, harga satu porsi nasi jenggo sekitar Rp 2000,- sampai Rp 4000,-. tergantung daerahnya juga, seperti kami di Batam menjualnya Rp. 15000 ~ Rp. 20000 per bungkus. Tentu dengan porsi normal makan orang dewasa. 




                                Hasil gambar untuk nasi jinggo



Lauk Nasi Jinggo terdiri dari Ayam sisit (daging ayam suwir suwir), 1/2 butir Telor Pindang (telor ayam yang direbus kulit bawang), Kacang dan Tempe goreng kering, Kentang Mustofa, Mie Goreng dan tentu saja sebagai penyedapnya yaitu sambal cantok. Yang membuat menu kami istimewa, yaitu serundeng kelapa yang membuat aroma dan rasanya berbeda dari nasi jinggo lainnya.

Dengan pertimbangan tertentu, terutama diluar Bali, dari segi model bungkusannya, nasi jinggo telah bergeser dari pakem aslinya. Nasi jinggo dibungkus dengan wadah Kotak Plastik atau Polyfoam. Biasanya untuk hidangan di acara acara formal. Tergantung selera dan suasana, namun menu tetap sama.

Anda penasaran dengan Nasi Jinggo buatan kami? Jangan ragu-ragu hubungi kami. Coba menu dengan sensasi yang berbeda, pas di lidah. Sekali coba dijamin anda pasti ketagihan.