menu

Under Creative Commons License: igstng2016

Rabu, 11 Mei 2016

Es Daluman (Minuman Favorit)


Daluman atau cincau sudah dikenal masyarakat Bali sejak jaman Jepang. Tanaman yang tumbuh merambat ini diambil sari air daunnya yang mengental dalam hitungan jam berwarna hijau lumut. Kemudian diberi santan dan gula aren. Rasanya segar dan sangat baik untuk mengusir rasa haus terutama di hari terik musim kemarau.


SEKILAS TENTANG DALUMAN SI CINCAU HIJAU :

Tumbuhan yang bernama latin Cylea barbata Myers ini merupakan tumbuhan merambat. Dengan diameter batang yang kecil, panjang tanaman daluman dapat mencapai belasan meter. Kulit batangnya kasap. Sementara itu daunnya berbentuk perisai. Warna daunnya hijau pucat dan mempunyai permukaan ada yang halus ada juga yang agak berbulu.  Yang kami buat adalah jenis yang tidak berbulu, rasanya lebih enak dan seger.

CARA MEMBUAT DALUMAN SI CINCAU HIJAU :

Daun yang sudah dicuci bersih ditaruh dalam wadah dan diisi air secukupnya kemudian diremas-remas sampai mengeluarkan cairan hijau yang sedikit berbusa. Jangan coba-coba memblender daun daluman, karena tidak akan keluar sari dalumannya. Daun yang sudah “remuk” ini kemudian disaring secepatnya agar tidak terlanjur kental kedalam wadah lain. Ampas daun harus segera dipisahkan dengan cara menyaringnya. Diperlukan waktu sekitar satu jam agar cairan dapat mengeras, lebih bagus lagi jika dimasukkan ke dalam kulkas agar lebih cepat mengental. Saripati daluman dapat langsung diminum dalam keadaan cair. Selain sebagai bahan baku minuman dingin, daluman dapat dijadikan bahan campuran agar-agar.

Dalam proses pembuatannya, ada yang merebus daun terlebih dahulu dan menambahkan soda kue sebagai pengawet. Ada juga yang memberi campuran daun jempiring (kacapiring) untuk mempercepat proses pengentalan.

BAHAN :
50 gr Cincau Hijau
250 cc Santan cair diambil dari kelapa bakar
Es Serut atau es kristal.
100 cc Gula Aren cair atau boleh juga menggunakan gula sirup.

CARA MEMBUAT ES DALUMAN DAN CARA PENYAJIAN :
Ambil daluman yang sudah mengental dengan sendok secukupnya kemudian tuang ke dalam gelas.
Masukkan santan dan gula secukupnya sesuai selera kemudian tambahkan es.
Sajikan.